Monday, October 29, 2018

Penjelasan Tempe Bosok dan Tempe Busuk, Berbahaya ??

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Gambar terkait 
( Gambar 1. Tempe Bosok)

Kalau tempe bosok tidak apa-apa tapi kalau tempe busuk itu berbahaya. Tempe Bosok merupakan over fermentasi tempe. Jadi selama masih tempe bakteri masih memfermentasi kedelai pada tempe. Dan itu tidak masalah, karena bakteri yang tumbuh merupakan bakteri asam laktat tapi jangan sampai tempe bosok yang sudah jadi bosok dan berbelatung masih dipakai Karena pertumbuhan bakteri masa sekarang bukan lagi murni bakteri dari tempe. Bahkan pertumbuhan dan jenis bakterinya pun tidak terkendali. Bila bakteri patogen yang hidup pada tempe kelewat bosok malah akan menyebabkan kita Diare. Tempe membusuk karena fermentasi tidak berlangsung secara sempurna karena suhu tinggi dan lubang udara yang kurang menyebabkan bakteri yang memfermentasi kedelai mati dan hidup bakteri patogen. Bakteri Patogen ini bisa menyebabkan penyakit Diare.

Tempe yang tidak jadi (Busuk) kemungkinan disebabkan :
1. Perebusan kurang lama sehingga kedelai tidak terkelupas sempurna. Kedelai yang tidak terkelupas sempurna menyebabkan bakteri tidak mampu berpenetrasi ke dalam kedelai. Tidak mampu menancapkan akarnya sehingga jalinan akar ( hifa) tidak sempurna dan pada akhirnya kedelai tetaplah kedelai karena bakteri dan jamur tidak bisa menembus masuk ke dalamnya.
2. Takaran ragi kurang sehingga tidak semua penampang kedelai "tertempeli" ragi untuk difermentasi
3. Pencampuran ragi yang tidak merata.

(Gambar 2. Tempe Busuk)


Semoga sudah terjawab dengan blog saya 😊

No comments:

Post a Comment

Penjelasan Tempe Bosok dan Tempe Busuk, Berbahaya ??

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم   ( Gambar 1. Tempe Bosok) Kalau tempe bosok tidak apa-apa tapi kalau tempe busuk itu berbaha...